Ternyata, Ini Nama Ilmiah Kucing Menurut Jenisnya

Nama Ilmiah Kucing - Hayooo ada yang tau apa engga? Banyak sekali ketika pertanyaan ini dilontarkan, dan sebagian besar langsung membuka google agar tahu jawaban dari pertanyaan tersebut. Dalam hitungan detik, kamu berkata dengan yakin bahwa nama ilmiah kucing adalah Felis silverstra catus. Nah, selamat bahwa jawaban kamu tidak salah, tetapi juga tidak sepenuhnya benar.

Baca juga : Inilah Kucing Bengal Yang ASLI!!
Nama ilmiah Felis silvestra catus sering sekali diasosiasikan dengan kucing rumahan. Kucing untuk jenis ini memang sangat banyak ditemukan serta dipelihara di daratan Eropa. Nah, ternyata bukan hanya kucing jenis ini saja yang biasa dipelihara oleh masyarakat. Kucing-kucing peliharaan manusia biasanya berasal dari jenis kucing kecil yang ternyata bisa saja berasal dari beragam species. Kucing ini juga ada yang berasal dari Negara Indonesia, India, Amerika, dan lainnya. Wahh, ada banyak sekali nama ilmiah lain untuk kucing-kucing kecil ini. Tahukah kamu, nama-nama ilmiah untuk kucing memang sangat banyak yang cantik.
nama ilmiah kucing

Aturan Pemberian Nama Ilmiah Kucing

Di dalam dunia ilmu pengetahuan, untuk pemberian nama ilmiah sangat diperlukan untuk menyeragamkan identifikasi makhluk hidup di seluruh dunia. Dengan menggunaan penamaan ilmiah, setiap peneliti memiliki persepsi yang sama untuk suatu objek agar tidak terjadi kesalah pahaman. Kesalahpahaman inilah yang sering terjadi jika kita menggunakan bahasa daerah saja untk menyebut suatu objek yang kita tuju. Contoh saja di Indonesia, kata 'gedang' mempunyai arti yang menuju pada buah pepaya. Tetapi di Jawa arti 'gedang' adalah istilah untuk pisang. Dengan menggunakan nama ilmiah, mispersepsi yang seperti ini diharapkan tidak akan terjadi lagi.

Nama ilmiah biasanya terdiri dari 2 kata yang berasal dari bahasa lain serta dituliskan menggunakan huruf miring (italic). Untuk kata pertama menunjukan pada genus, sedangkan untuk kata kedua menuju pada species. Penulisan genus diawali dengan huruf kapital, ada juga species menggunakan huruf kecil secara keseluruhan. Genus serta species adalah bagian dari kunci taksonomi yang merupakan cara ilmuwan melakukan klasifikasi berabagai makhluk hidup. Nah, berikut yaitu kunci-kunci taksonomi untuk hewan dan tumbuhan tingkat tinggi.

Tumbuhan : Kingdom, Devisio, Class, Ordo, Family, Genus, Species
Hewan : Kingdom, Phyllum, Class, Ordo, Family, Genus, Species

Jika ditulis menggunakan tulisan tangan, nama ilmiah akan diberi garis bawah yang terputus antara kata pertama dengan kata berikutnya.
Baca juga : Cara Merawat Anak Kucing Persia Umur 1-2-3 Bulan

Keluarga Kucing di Seluruh Dunia

Membahas tentang kucing, taksonomi untuk keluarga kucing sudah bisa dibedakan mulai dari takson Family yaitu Felidae (kucing). Kucing di sini meliputi segala jenis kucing yaitu: kucing besar, kucing kecil, kucing liar, kucing rumahan, dan kucing lainnya. Selengkapnya, menurut Integrated Taxonomic Information System (ITIS), keluarga kucing mempunyai taksonomi sebagai berikut:
Kingdom : Animalisa
Phyllum : Chordata
Class : Mamalia
Ordo : Carnivora
Family : Felidae
Genus :
- Menurut subfamily Felinae : Acinonyx, Caracal, Catapuma, Felis (kucing kecil), Leopardus (kucing tutul Amerika), Leptailurus, Lynx, Pardofelis, Prionailurus, Profelis, serta puma.

- Menurut subfamily Pantherineae : Neofelis, Panthera, Uncia

Nah, dari berbagai genus yang ada, kucing rumahan biasanya merupakan kucing kecil yang tidak mengaum serta dikelompokkan dalam genus Felis.

Nama Ilmiah Kucing Kecil di Dunia

Ada banyak sekali species kucing di dunia ini, termasuk genus Felis. Namun, tidak cuma Felis silvestris catus ya! Berikut ini yang merupakan beberapa jenis kucing kecil yang tersebar di seluruh dunia:
1. Felis silvestris : untuk yang ini adalah jenis kucing rumahan yang berulang kali disebutkan disini. Kucing ini biasa disebut dengan kucing liar Eropa (European wild cat). Kucing yang mirip dengan jenis yang ini juga ditemukan di Afrika serta diklaim sebagai subspecies dari Felis silvestris.

2. Felis bengalensis : kucing ini sangat mirip dengan Felis silvestris akan tetapi memiliki kaki yang lebih panjang. Kucing jenis ini biasa ditemukan di India, Pakistan, Thailand, Vietnam, Filipina, Indonesia serta Cina bagian utara. Felis bengalensis juga biasa dikenal sebagai kucing Leopard.
Baca juga : Cara Merawat Kucing Leopard Asia.
3. Felis viverrina. Kucing yang sangat populer dengan sebutan Fishing Cat (Kucing yang sedang memancing) kucing ini memang suka 'memancing'. Ia akan duduk di batu atau pinggir sungai yang dangkal dan siap untuk menyambar ikan yang melompat atau terjangkau olehnya. Kadang kucing ini juga suka untuk menyelam dan mengambil ikan menggunakan mulutnya. Kucing ini bisa ditemukan di India, Srilanka, Himalaya, Cina, Sumatra, dan Jawa juga terkadang memakan siput dan udang-udangan, katak, bahkan ular lho.

4. Felis chaus : biasa dikenal sebagai kucing hutan, Felis chaus ini berasal dari daerah yang minim hutan yaitu Mesir. Nah di Mesir, Felis chaus biasa disebut dengan kucing rawa. Dari mesir, Felis chaus menyebar melalui Jordania dan Timur Tengah hingga sampai ke India, Burma (Myanmar), serta Cina barat daya.

5. Felis margarita : kucing padang pasir yang bisa kamu temukan di daerah Sahara, Pakistan, dan Turkistan Rusia.
Baca juga : Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan
6. Felis serval : bisa kamu temukan di berbagai tempat di Afrika dan merupakan pelari jarak pendek yang sangat cepat sekali. Felis serval bisa melompat lurus setinggi 3 meter dari tanah dan mendarat di dahan pohon.

7. Felis yoguaroundi : bisa ditemukan dari bagian selatan Texas dan daerah Arizona hingga ke Peru dan Argentina. Dalam perawakan dan makananya yang mirip dengan musang. Nah, itu yang membuat Felis yoguaroundi disebut Kucing Musang.

8. Felis geoffroyi (Kucing Geoffroy) adalah perenang yang sangat baik dan ikan adalah makanan favoritnya. Kucing  jenis ini bisa ditemukan di Argentina dan populer dengan sebutan Kucing Gunung.

9. Felis pardalis : jenis ini adalah hewan yang langka dan dilindungi di daerah Texas, Amerika Serikat. Kucing liar ini berukuran sedang memiliki mantel kuning cokelat yang ditandai dengan bercak hitam serta bintik-bintik. Monyet, rusa, hewan pengerat, serta reptil adalah makanan yang ia sukai.
Baca juga : Inilah, Nama Kucing Nabi Muhammad SAW
10. Felis cabcikiyr : kucing genis felis ini meruapakan yang paling besar serta bukan merupakan kucing yang biasa dipelihara. Felis concolor atau yang biasa disebut puma atau panther ini digolongkan ke dalam genus felis dan biasanya tidak mengaum, tetapi berteriak atau menjerit.
Nama Ilmiah Kucing yang mungkin belum terdapat di penjelasan atas

  1. Kucing Bakau Felis viverrina
  2. Kucing Felis domesticus
  3. Kucing Hitam (Congkok) Felis bengalensis
  4. Kucing Hutan Felis bengalensis
  5. Kucing Felis sylvestris
  6. Kucing merah Felis badia
  7. Kucing hutan, Meong congkok Felis bengalensis
  8. Kuwuk Felis marmorota
  9. Kucing dampak Felis planiceps
  10. Kucing emas Felis temmincki
  11. Kucing bakau Felis viverrinus

Nama ilmiah kucing tergantung dari genus serta speciesnya! Nah ini yang merupakan salah satu kekuasaan Tuhan yang sudah menciptakan makhluk yang beraneka ragam. Ada beberapa di antaranya sudah menipis popularitasnya. Untuk itu, kita sebagai manusia juga harus berusaha menjaga kelestarian alam serta menyayangi makhluk-makhluk di dalamnya. Termasuk kepada kucing, apalagi dengan peliharaanmu sendiri.

Kata Kunci Pencarian :
  • nama ilmiah kucing rumah
  • nama ilmiah dari kucing
  • nama ilmiah kucing hutan
  • nama ilmiah kucing persia
  • nama ilmiah hewan kucing
  • nama ilmiah kucing anggora
  • nama ilmiah dari kucing rumah
  • nama latin kucing

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ternyata, Ini Nama Ilmiah Kucing Menurut Jenisnya