8 Cara Menghilangkan Kutu Pada Kucing

Cara menghilangkan kutu pada kucing sebenarnya gampang-gampang susah lho! Kenapa gampang-gampang susah? Ya gampangnya itu ketika kutu yang masih menempel pada bulu kucing yang sudah dimandikan itu dengan disisir saja bisa terangkat kutunya, tetapi untuk menghilangkan telur kutu pada anak kucing itu sangat susah. Karena kita harus menggunakan tangan untuk mengambil satu-persatu telur kutunya.

Cara Menghilangkan Kutu Pada Kucing
Gambar bulu kucing yang terkena kutu kucing
Kutu kucing akan mengakibatkan iritasi hingga infeksi lho! Jika si kucing sudah menggaruk bagian leher, cobalah kamu untuk mencari tahu apasi penyebabnya? Nah, jika kamu sudah tahu ternyata ada kutu pada bagian lehernya, kamu jangan panik, kamu bisa mencoba beberapa solusi cara menghilangkan baik itu kutu maupun telur kutu pada kucing dan anaknya secara alami. Yuk Simak artikelnya!

Cara Menghilangkan Kutu Pada Kucing Dengan MUDAH!

Buat kamu yang masih awam dalam merawat kucing, kamu bisa mengikuti cara ini yang bisa dilakukan sobat pecinta kucing dirumah. Ingat! Bahwa jangan berpatok dengan cara disini saja, mungkin kamu bisa menemukan cara yang lebih simpel menurut kamu sendiri setelah mencoba beberapa cara yang ada di artikel ini.
1. Minyak Telon atau Tawon
Minyak ini bisa mengatasi kutu kucing lho! Kamu hanya mengusapkan minyak tawon atau telon pada bagian yang terkena kutu. Biasanya di sela-sela seperti di ketiak kucing, jangan khawatir! Ini sangat aman bagi hewan peliharaan.

2. Bedak Anti Jamur atau Spray Anti Kutu
Nah, jaman sekarang memang banyak sekali kemajuan dalam obat-obatan termasuk obat untuk mengatasi kutu pada kucing, contohnya spray anti kutu serta bedak anti jamur. Untuk spray sendiri tidak disemprotkan pada hewan peliharaan sampai basah, itu bisa berdampak buruk untuk kesehatan kucing. Jadi, kamu cukup membaca ketentuan pada kemasanya, biasanya si digunakan seperlunya saja yang pastinya tidak berlebihan dan tidak kekurangan. Oh iya! Kamu tidak boleh menyemprot pada area mata, mulut dan muka kucing ya!

3. Suntik Ivermectin
Untuk suntik ivermectin ini biasa digunakan untuk membasmi kutu atau cacing dewasa, tetapi tidak membunuh telurnya. Nah agar kamu bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menyuntiknya 3 kali dalam waktu 3-4 minggu. Tetapi cara ini lumayan beresiko dan lebih baik dibawa ke dokter hewan agar lebih aman.

4. Obat Tetes Pembasmi Kutu
Obat ini bisa kamu gunakan dengan cara meneteskan obatnya pada tengkuk kucing atau leher bagian atas, hal ini dikarenakan agar kucing tidak bisa menjilat bagian tersebut. Cara agar pembasmian kutu bisa secara tuntas, kamu bisa melakukan pengulangan cara ini satu bulan kedepan serta untuk pencegahan, kamu bisa menggunakan 2-3 obat tetes kutu per tahunya lho! Ingat sebelum menggunakan obat tetes ini di usahakan kamu membaca aturan pakainya terlebih dahulu, karena obat jenis ini tidak dianjurkan untuk anak kucing usia dibawah 2 bulan.

5. Alat Mandi Anti kutu dan Jamur
Yuhuuu! Benar, cara ini sangat banyak digunakan karena kemudahan dalam menggunakanya. Saat kamu memandikan kucing kamu bisa menggunakan shampoo anti kutu serta jamur yang bisa di dapatkan di pet shop terdekat di kota kamu. Hal ini tidak hanya membersihkan kutu saja lho! Tetapi juga membasmi sampai ke telur-telur kutu yang menempel pada bulu atau kulit kucing.

Cara penggunaanyapun sangat mudah, ini seperti memandikan kucing biasa dengan mengusapkan shampoo ke seluruh tubuh sampai merata dan bilas dengan air hingga bersih, jika sudah di rasa bersih kamu juga bisa mengusapkan shampoo lagi sampai merata dan kamu tunggu 5 menit kemudian bilas lagi sampai bersih. Untuk penggunaan ini kamu bisa memandikan kucing 2 minggu sekali (rekomendasi) ingat hanya memandikan. Jika ada kutunya, kamu cukup 1 bulan sekali dalam penggunaan shampoo anti kutunya.

6. Tanah diatom
Kenapa? Ya, karena ini juga bisa membantu kamu untuk menyingkirkan kutu kucing. Caranya cukup mudah, kamu hanya memberikan sedikit tanah diatom di daerah yang rawan kutu. Ingat! Daerah, berarti lingkungan seperti di kandang kucing, di dekat litter box,dan tempat lain yang memang mudah  di tempati kutu kucing.

7. Lemon
Pasti sangat banyak yang bertanya "kenapa lemon juga bisa untuk menghilangkan kutu kucing?" Ya bisa, kalau tidak percaya kamu bisa mencobanya sendiri dirumah. Caranya gampang kok, kamu tinggal mengambil satu panci air mendidih kemudian masukan setengah buah lemon ke dalamnya. Tutup panci, kemudian biarkan air menjadi dingin dan lemon yang sudah dimasukan larut sepenuhnya.

Setelah dingin kamu tuangkan larutan lemon tadi ke dalam botol semprot. Taraaa! Jadi, kamu tinggal mensemprot ke kucing setiap hari dengan larutan ini. Karena kutu sangat tidak menyukai aroma jeruk lemon dan tidak akan mengganggu kucing kamu lagi! Dan ini merupakan cara ini alami. Oh iya, kamu juga bisa menggunakan cuka sebagai pengganti lemon dan caranya dengan di semprot-semprot lagi.

8. Membersihkan Lingkungan Kucing
Jelasss! Ini sangat penting, karena kebersihan bisa membuat kucing kamu menjadi lebih sehat serta terhindar dari penyakit apapun. Kamu harus mengontrol kebersihanya setiap hari bahkan setiap saat, agar kesehatan kucing terjamin dan terbebas dari kutu!

Selesai sudah pembahasan cara menghilangkan kutu pada kucing, semoga cara ini bermanfaat bagi pecinta kucing semua yaa! Jangan lupa untuk membagikan atau share artikel ini agar teman-teman pecinta kucing lainnya mengetahui informasi yang bermanfaat ini.

Kata Kunci Pencarian :
  • cara menghilangkan kutu pada kucing
  • cara menghilangkan kutu pada anak kucing
  • cara menghilangkan telur kutu pada kucing
  • cara menghilangkan kutu pada kucing persia
  • cara menghilangkan kutu pada kucing anggora
  • cara menghilangkan kutu kucing pada manusia
  • contoh cara menghilangkan kutu pada kucing
  • cara menghilangkan kutu pada kucing secara alami
  • cara menghilangkan telur kutu pada bulu kucing

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 8 Cara Menghilangkan Kutu Pada Kucing