Inilah Jenis Kucing Bengal Yang Asli

Kucing bengal Asli atau biasa disebut dengan Blacan merupakan ke-3 dari hasil persilangan antara kucing American Shorthair dengan kucing Asian Leopard. Kucing jenis ini berasal dari California, Amerika Serikat. Walaupun tergolong kucing hutan, tetapi ras bengal termasuk hewan yang cukup banyak digemari serta dijadikan hewan peliharaan. Kucing ini mempunyai ukuran badan yang panjang dengan otot yang kuat pada tubuhnya. Ia memiliki tulang yang cukup besar dan tebal, disertai bulu yang tebal, rapat dan halus.

Gambar kucing bengal asli
Kucing Bengal Asli
Dalam proses pemeliharaanya, kucing yang satu ini memerlukan perawatan khusus pada bulunya, yaitu dengan menggosok secara lembut dengan menggunakan sikat yang halus. Populasi kucing bengal belum begitu banyak, nah ini membuat harga kucing bengal masih tergolong tinggi, yaitu bisa mencapai 10 - 40 juta rupiah, sangat jelas bahwa kucing bengal kalau dijual tidaklah murah.

Sejarah

Kelahiran kucing ras bengal ini berawal dari kota California dan dipelopori oleh dr. Centerwall yang berprofesi di bidang ahli genetik. Ia ingin mendapatkan kucing domestik jenis yang baru dengan pola spotted wild cat dari hasil persilanganya. Lalu dr. Centerwall mengawinkan kucing american shorthair dengan kucing asian leopard, kemudian anak betina dari hasil perkawinan silang tersebut dikawinkan lagi dengan ayahnya, dan hasil akhirnya lahir kucing ras bengal. Nama bengal ini diambil dari bahasa latin yaitu Leopard cat iaitu felinebengalenis, tetapi pada umumnya sering disebut Bengal tiger cat.

Ciri - Ciri Fisik Kucing Bengal Asli

Gambar Ciri-Ciri Kucing Bengal Asli
Kucing ras bengal mempunyai bentuk tubuh yang besar dan gagah. Nah ini dikarenakan ia mendapatkan ciri fisik dari leluhur atau nenek moyangnya, yaitu kucing liar. Kucing betina usia dewasa memiliki berat badan sekitar 4-5 kilogram, sedangkan untuk berat badan kucing jantan bisa mencapai 10 kilogram. Kucing bengal bisa dibedakan dengan kucing lainnya melalui corak warna pada tubuhnya yang sudah khas sekali, yaitu didominasi dengan warna coklat dan hitam.

1. Bagian Kepala
Bentuk dari kepala kucing bengal yang berukuran besar dan lumayan panjang, namun akan terlihat lebih kecil jika dibandingkan dengan ukuran tubuhnya. Ia juga mempunyai leher yang besar serta berotot yang seimbang dengan ukuran kepalanya. Hidung yang besar dan lebar, sedangkan untuk kulit hidungnya berwarna merah disertai garis luar hitam. Telinga kucing bengal berbentuk runcing ke atas. Kucing bengal mempunyai mata yang lebar dan buat yang berwarna hijau atau amber.

2. Bagian badan
Bagian badan, kucing bengal mempunyai badan yang atletis dan berukuran cukup panjang jika dibandingkan dengan kucing jenis lain. Pada umumnya kucing bengal ini memiliki berat badan yang ideal dan memiliki ekor yang panjang lho.

3. Warna Bulu
Pola warna yang terdapat pada bulu kucing bengal memang sangat khas, yaitu berwarna coklat atau cinnamon disertai bintik kehitam-hitaman (totol) yang menyebar di seluruh bagian tubuh. Nah, tidak hanya itu saja, warna bulu ini disertai garis horizontal yang berwarna hitam dibagian pundaknya, serta lingkuran berbentuk cincin pada ekor dengan ujung berwarna gelap.

Karakteristik

Gambar anakan kucing bengal
Gambar anakan kucing bengal
Kucing bengal ini termasuk kucing yang aktif dan cerdas lho. Salah satu ciri khasnya yaitu ia menyukai air, mereka tidak akan keberatan jika seluruh tubuhnya basah terkena air, berbeda dengan kucing pada umumnya. Mereka sangat suka mandi dan berendam di bathub bersama pemiliknya lho.

Harga Kucing Bengal Asli

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya bahwa, kucing bengal masih tergolong hewan yang masih langka karena populasi kucing ini memang masih sedikit, yang jelas kucing bengal tidaklah murah, kucing bengal ini jika dijual di bandrol dengan harga 10-40 juta rupiah di indonesia, kebayang tidak kalo harga kucing bengal anakan.

Kucing Bengal Indonesia

Kucing ras bengal ini di Indonesia ini memang sudah cukup banyak di berbagai daerah, akan tetapi kucing bengal indonesia kebanyakan sudah tercampur dengan kucing jenis atau ras kucing lainya. Sehingga gen yang diambil dari kucing bengal asli hanya totolnya saja, untuk warna bulunya, dan ciri fisiknya memang sedikit mirip tetapi tidak sebagus dari kucing bengal aslinya. Di daerah saya kucing blacan ini yang memang keturunan campuran dan pastinya bukan kucing bengal asli dijual dengan harga yang cukup murah yaitu sekitar 200-500 Ribu rupiah dengan umur 3 bulanan.


Kata Kunci Pencarian :
  • kucing bengal asli
  • kucing bengal indonesia
  • kucing bengal murah
  • kucing bengal harga
  • kucing bengal dijual
  • harga kucing bengal anakan
  • jual kucing bengal murah

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah Jenis Kucing Bengal Yang Asli