Cara Merawat Kucing Leopard Asia

Cara Merawat Kucing Leopard Asia - Salah satu jenis kucing hutan yang masih banyak diminati yaitu kucing hutan atau Blacan atau Asian Leopard Cat. Kucing leopard asia (blacan) ini memang banyak berbeda dengan kucing rumahan pada umumnya. Hewan berbulu dengan motif leopard ini agak sulit untuk berinteraksi dengan manusia.

Cara Merawat Kucing Leopard Asia
Gambar kucing leopard (blacan) asia 
Sesuai dengan namanya sebagai kucing hutan, Blacan (leopard) ini dapat menyerang kita kalau kucing leopard merasa terancam. Jadi, sebelum memeliharanya, mari simak terlebih dahulu cara merawatnya dan ada tambahan tips dalam perawatan kucing leopard.

Cara Merawat Kucing Hutan Leopard Asia (Blacan)

  1. Kucing ini memiliki kepribadian yang liar bawaan asalnya. Untuk itu, lebih baik kamu memeliharanya sejak kucing leopard masih sangat kecil, sekitar usia 2 bulam biar kamu bisa meredam keliarannya. Di 2 bulan ini kucing jenis apapun biasanya sudah boleh untuk dipelihara. Kalau belum mencapai usia 2 - 3 bulan, anak kucing lebih baik harus tetap dalam asuhan sang induk karena masih menyusui.
  2. Kucing jenis leopard lebih nyaman berada di tempat yang hangat layaknya alam terbuka. Jadi, buat kamu harus mempersiapkan tempat yang memang nyaman dan hangat supaya si kucing bisa merasa tetap betah selama berada di rumah.
  3. Walaupun kucing leopard dipelihara dari kecil, anak kucing hutan ini biasanya sudah mulai agresif. Untuk pemberian makan, kamu harus ekstra hati-hati. Beri kucing leopard susu dengan menggunakan spuit atau alat suntik yang biasanya digunakan untuk menyuapkan hewan.
  4. Agar kucing kamu bisa beradaptasi dengan baik, kamu harus lebih menyesuaikan makananya. jangan sampai kamu memberikan cat food kemasan setiap harinya. Pemberian makanan kucing huta harus diselingi dengan daging yang segar (daging ayam atau daging sapi) yang diiris tipis untuk menjaga emosi kucing leopard supaya mereka tidak kaget.
  5. Kalau kucing leopard sudah lumayan besar, kamu bisa memulai mengubah pola makananya. Campurkan daging segar yang sudah diiris dengan cat food yang dihancurkan terlebih dahulu. Kamu juga bisa cuma memberikan makanan kucing yang biasa dijual di pet shop. Pada awalnya mungkin mereka tidak mau makan, tapi biasanya akan terbiasa dengan sendirinya.
  6. Seperti kucing peliharaan pada umumnya, jangan sampai kamu lupa untuk memberikan vaksinasi. Nah ini bisa ditanyakan serta dikonsultasikan dengan dokter hewan terdekat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Merawat Kucing Leopard Asia