Cara Merawat Anak Kucing Persia Umur 1-2-3 Bulan

Jika kamu punya kucing persia yang baru lahir. Mungkin kamu akan memenuhi beberapa kesulitan. Memang benar, dalam cara merawat anak kucing persia umur 1,2,3 bulan mempunyai kendala tersendiri.

Untuk merawat anak kucing persia harus diberikan perhatian yang khusus, apalagi jika dalam perawatanya tanpa induk. Ada cara cara-cara khusus dalam merawat anak kucing ini. Tetapi jika kamu merawat anak kucing persia ini dengan baik, maka perkembanganya akan tumbuh dengan sehat.

Cara Merawat Anak Kucing Persia Umur 1 2 3 Bulan
Cara Merawat Anak Kucing Persia

Cara Merawat Anak (Kitten) Kucing Persia

Buat kamu yang masih pemula (awam), jangan bingung dalam hal perawatannya, buat kamu yang memiliki anak kucing persia baru lahir harus lebih ekstra perawatan anak kucing persia, ini ada banyak cara yang bisa kamu lakukan seperti :

1. Menjaga kesehatan induk kucing
Kalau kamu mempunyai indukan, kamu harus selalu menjaga kesehatan Induknya terlebih dahulu. Kenapa? Karena anak persia umur 3 bulan kebawah masih menyusui kepada induknya. Nah, jika si Induk kucing terkena penyakit, ada kemungkinan besar anaknya juga terkena. Berikan asupan makanan untuk anak kucing persia dan induknya yang bagus serta jaga lingkungan tempat tinggal si kucing agar tetap sehat. Pastikan juga kamu mengetahui ciri-ciri anak kucing persia yang mendapatkan susu dari induknya yah.
Baca : Harga Anak Kucing Persia TERBARU !
2. Memberikan asupan untuk anak kucing persia
Nah, ini dia yang harus diperhatikan yaitu kamu harus memberikan asupan yang baik untuk anak kucing, contohnya seperti susu, air mineral serta makanan.
foto anak kucing persia
Foto anak kucing persia
Susu - Untuk anak kucing persia umur 1-3 bulan memang masih menyusui kepada induknya. Tetapi jika kamu ingin memberikan susu untuk anak kucing tentu tidak masalah, yang perlu diperhatikan kamu tidak boleh memberikan susu sapi karena bisa mencret hewan peliharaan anak kucing persia lucu kamu. Cobalah berikan susu formula khusus untuk anak kucing agar tidak ada hal yang tidak diinginkan terjadi (cocok).
Baca : Penyebab dan Solusi Kucing Tidak Mau Makan
Air - Jangan lupa untuk menyediakan air yang bersih serta tempatnya juga harus steril agar anak kucing persia mudah meminumnya. Buat penempatan air minum yang sedikit rendah agar mudah dijangkau si kucing. Untuk anak kucing yang suka rewel bermain air, menarik-narik tempat air minum kamu bisa memilih tempat air minum yang berat dan tinggi bagian pinggirnya atau bisa juga mengisi airnya jangan terlalu penuh.

Makanan - Makanan anak kucing persia yang masih anakan atau kitten ada pilihan khusus. Kamu harus lebih memperhatikan produk makanan yang kamu beli, terutama bagian kategori pastikan kamu memilihnya yang kitten (anak kucing) jangan yang adult (Kucing Dewasa).

3. Memberikan tempat tinggal yang baik
Ini dia yang harus diperhatikan oleh pemilik kucing yaitu tempat tinggal, untuk tempat tinggal kucing persia anakan haruslah yang nyaman dan bersih. Kamu tidak boleh menganggap sepele karena bisa saja anak kucing persia peaknose atau persia jenis lainya akan terkena penyakit. Untuk tempat tinggal kucing harus hangat karena memang tubuh anakan (kitten) masih kecil serta bulunya belum lebat. Kamu bisa memberikan lampu atau bisa juga kain (gombal) yang sudah tidak dipakai dan yang pastinya bersih yah! Agar suhunya tetap hangat.
Baca : Penyebab dan Cara Mengobati Kucing Keracunan
Tempat tinggal anak kucing persia yang berumur 3 bulan haruslah yang berukuran cukup luas karena pada usianya masih sangat lincah serta selalu ingin bermain-main. Pastikan tempatnya tidak lembab ya!

4. Berikan vaksin dan obat
Point penting dalam cara memelihara anak kucing persia yaitu kamu tidak boleh lupa memberikan obat seperti obat cacing ataupun vaksin yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kucing. Kalau kamu bertanya bagaimana cara memberi vaksin kepada kucing, aku sarankan untuk pergi ke dokter hewan saja agar sesuai aturan serta kucing tidak terancam kesehatanya. Eits tunggu dulu, tidak hanya memberikan vaksin dan obat sebagai pendukung kamu juga harus memandikanya agar bersih. Belum pernah? Cara memandikan anak kucing persia sama saja dengan memandikan anak kucing lainya kok.

5. Fasilitas Pembantu
Fasilitas tambahan untuk membuat kucing mungil anggora nyaman, cobalah kamu berikan Litter Tray/Box untuk tempat poop anak kucing persia. Jangan kamu gunakan pasir dari kebun ya, gunakanlah pasir khusus khusus kucing yang dijual di PetShop terdekat. Untuk alas pasirnya kamu bisa pakai koran untuk mempermudah dalam pembersihan
Baca : Ciri-Ciri Kucing Terkena Toxoplasma
6. Kasih sayang yang lebih
Ini yang terkadang kamu sering lupa yaitu kasih sayang. Kamu harus memberihkan kasih sayang seperti sentuhan lembut kepada anak kucing persia supaya nyaman serta mengenalimu, jangan hanya di elus ya, berikan juga mainan seperti bandul (mainan khusus kucing) agar kucingmu senang.
Gambar anak kucing persia
Gambar anak kucing persia
Namun untuk merawat kitten kucing persia yang berumur 1 bahkan 2-3 bulan, pasti ada kendala tersendiri dibandingkan dengan kucing yang lain, tetapi saat memelihara serta melihat ia tumbuh kita mendapatkan rasa senang tersendiri dan bisa meningkatkan mood kita sebagai pemiliknya, karena perkembangan anak kucing persia sangatlah cepat, pastinya tidak menyesal deh!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Merawat Anak Kucing Persia Umur 1-2-3 Bulan