Penyebab dan Cara Mengobati Luka Pada Kucing

Cara Mengobati Luka Pada Kucing - Kucing memang merupakan hewan yang mudah terluka. Nah ini seringkali dikarenakan perkelahian atau pertengkaran dalam memperebutkan wilayah kekuasaan atau memang hanya karena terkena sesuatu ketika kucing sedang bermain. Nah, beberapa cakaran atau luka minor lainnya sering menghiasi tubuh kucing.

Cara Mengobati Luka Pada Kucing
Gambar kucing diperban
Luka pada kucing seringkali bukan luka serius dan pasti akan sembuh seiring dengan berjalanya waktu. Tetapi ada beberapa luka yang membutuhkan perhatian khusus karena jika ini dibiarkan, bisa membahayakan nyawa kucing loh. Kamu harus mewaspadai kalau luka kucing terlihat tanda-tanda infeksi.
Baca : Penyebab dan Cara Mengobati Kucing Keracunan

Penyebab Luka Kucing Bisa Infeksi

Sebelum kamu mengetahui cara mengobati luka pada kucing, lebih baik  kamu mengetahui apa saja yang bisa menimbulkan infeksi luka kucing dahulu. Kalau infeksi karena disebabkan oleh luka akibat kontak dengan benda tertentu maka ada kemungkinan benda tersebut berkarat sehingga ketika terkena luka tubuh si kucing bisa menimbulkan infeksi.
Infeksi Luka pada kucing bengkak
Gambar kucing lehernya bengkak
Infeksi luka pada kucing bisa saja disebablkan perkelahian karena di area mulut ataupun kuku lawan memiliki banyak sekali bakteri. Nah, bakteri ini bisa ditularkan melalui kontak fisik sehingga bisa terjebak dibawah lapisan kulit. Dalam beberapa hari, bakteri akan berkembang sehingga menimbulkan infeksi.

Tanda-Tanda Infeksi Luka Pada Kucing

Luka yang memang masih baru dari kucing kamu biasanya ditunjukkan dengan pendarahan serta pembengkakan pada area luka. Nah ini juga bisa diikuti dengan kehilangan bulu (rontok) dan kulit yang terkoyak (goyang, atau mau lepas [copot]). Nah, tabiat kucing berubah jadi lebih sensitif lagi karena si kucing sedang menahan rasa sakit yang diderita karena lukanya.

Hal-hal yang perlu kamu perhatikan jika kucing baru mendapatkan lukanya,  inilah tanda-tandanya :

  1. Ada nanah di sekitar luka .
  2. Bengkak yang bisa menyebabkan lubang di kulit kucing dan ketika bengkak pecah dan mengering dengan sendirinya.
  3. Terkena Demam (ditandai dengan badanya lesu dan telinga kucing terasa lebih panas dari biasanya).
Baca : Ciri-Ciri Kucing Sakit Mata dan Cara Merawatnya
Itulah 3 tanda yang sudah disebutkan bisa menjadi tanda awal adanya infeksi pada lukanya. Kalau ini yang terjadi, kamu harus mencari cara mengatasi infeksi luka pada kucing agar tidak bertambah parah kucing kesayangan kamu ini.

Cara Mengobati Luka Pada Kucing

Inilah cara mengatasi infeksi luka pada kucing yang sebenarnya tergantung pada kondisi si kucing. Nah jika kucing sudah terlihat loyo, atau lemah, Ini merupakan tanda bahwa kamu wajib langsung membawanya ke dokter hewan terdekat.
Kemudian jika tanda tersebut belum begitu terlihat, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan :

  1. Kamu bisa tekan di sekitar luka jika terjadi pendarahan dengan menggunakan kain yang steril dan bersih. Kemudian tunggu sekitar 5-10 menit agar terhentinya pendarahan. Lalu ambil plester dan rekatkan kain tersebut karena memindahkan kain dapat membuat pendarahan terjadi lagi, maka harus hati-hati.
  2. Kamu harus cek seluruh tubuh kucing agar tahu potensi luka lain yang bisa timbul.
  3. Bersihkan dan sterilisasi pada luka kucing. Obat luka untuk kucing bisa kamu gunakan cairan antiseptic atau air mineral bersih obat luka kucing ini untuk membersihkan lukanya, lakukan secara perlahan dan saat membersihkan kamu harus hati-hati. Ingat! Jangan menggunakan alkohol untuk mengobati luka pada kucing karena alkohol bisa merusak jaringan kulit.
  4. Kalau luka yang didapatkan pada kucing berupa goresan atau tusukan, bersihkan saja bagian pinggirnya.
Baca : Cara Mengobati Kaki Kucing Keseleo
Okehh, kamu sudah melakukan beberapa langkah atau step ini, tinggal kamu melakukan observasi selama beberapa waktu. Jika kucing masih dirasa tidak membaik, maka segeralah kamu bawa si kucing ke dokter hewan terdekat agar mendapatkan tindakan lebih lanjut. Dokter akan menganalisis keseriusan luka yang dialami kemudian memberikan pertolongan yang diperlukan kucing kamu.

Cara Mengobati infeksi luka pada kucing ini pada dasarnya lumayan sederhana. Walaupun demikian, perawatan itu memang harus membutuhkan kesabaran dan ketelatenan ekstra agar kucing bisa cepat sembuh dari luka yang didapatnya. Selamat mencoba dan Semoga kucing kamu cepat sembuh yaa! Jangan lupa bagikan atau share artikel ini ke teman-teman pecinta kucing lainya, agar tau informasi penting ini. Terimakasih
Baca : Cara Paling Efektif Supaya Kucing Gemuk dan Sehat
Kata Kunci Pencarian :

  • Cara Mengatasi Luka pada kucing
  • Infeksi Luka pada Kucing
  • Cara Mengobati Luka Pada Kucing
  • Obat Luka Untuk Kucing
  • Obat Luka Kucing
  • Mengobati Luka Pada Kucing
  • Penyebab dan Cara mengatasi infeksi luka pada kucing

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penyebab dan Cara Mengobati Luka Pada Kucing