Inilah Penyebab Kucing Tidur Terus-menerus

Kucing adalah hewan yang sangat menggemaskan karena polah tingkah lakunya. Namun tidak sedikit dari pemilik hewan berkaki empat ini mengambil foto saat kucing tidur. Posisinya saat tidur akan membua kamu tersenyum sampai kebingungan karena posisi tidur kucing yang aneh, lucu dan menggemaskan.

Akan tetapi dari beberapa pemilik kucing menganggap bahwa peliharaan mereka tidur terlalu banyak. Nah hal ini kemudian menimbulkan kekhawatiran terhadap kondisi si kucing. Halaahh, sebenarnya apa sih penyebab kucing tidur terus-menerus? males banget keliatanya. Kamu yang ingin tahu jawabanya simak aja infromasi ini.

Foto Kucing Tidur Sama Anak Kucing
Gambar kucing lucu lagi tidur sama anaknya

Penyebab Kucing Tidur Terus-Menerus

- Bawaan Genetik
Sebagian besar orang percaya bahwa kucing itu merupakan hewan nocturnal, apa itu nocturnal? Nocturnal adalah mereka(makhluk hidup) yang terbangun dan aktif sepanjang malam. Padahal ini kurang tepat karena sebenarnya kucing meruapakan makhluk crepuscular yang paling efektid pada saat pagi hari dan sore hari adalah waktu yang paling mudah untuk mencari makan.

Nah hal ini yang mempengaruhi pola tidur kucing lucu ini. Mereka akan sangat aktif pada waktu pagi hari dan sore hari, sementara sepanjang hari akan digunakan untuk tidur para kucing.

- Menghemat Energi
Walaupun kucing terlihat sangat jinak dan lucu, namun kucing juga sebanarnya memiliki sisi psikis predator. Nah ini mengidikasikan bahwa binatang ini menghabiskan waktu untuk berlari dan memburu mangsa meskipun telah dipelihara di rumah(hewan peliharaan).

Kucing sebagai predator akan menghabiskan banyak energi untuk berburu, dan bersembunyi hingga mendekati lawan. Oleh karena itu, kucing butuh menyimpan dan menghemat energi agar tidak habis begitu saja yang salah satunya ditunjukkan dengan pola tidur terus-menerus.

- Cuaca dingin atau hujan
Ada penyebab lain kucing tidur terus menerus yaitu dipengaruhi oleh keadaan cuaca. Kucing kamu biasanya akan menghabiskan banyak waktu untuk tidur jika cuaca sedang dalam keadaan dingin atau sedang musim hujan.

- Kucing hamil
Kucing yang sering tidur terus-menerus juga bisa menjadi tanda atau ciri kehamilan pada kucing. Ini sering terjadi karena kucing hamil memiliki waktu tidur lebih panjang dari kucing biasa yang tidak hamil.

- Sakit atau gangguan lainya.
Kucing muda yang berusia 3 bulan atau lebih memiliki waktu tidur lebih panjang dibandingkan kucing dewasa atau tua karena hormon pertumbuhan akan dilepaska ketika mereka beristirahat. Kucing tua pada umumnya juga memiliki waktu tidur lebih lama dibandinkan kucing ewasa sebagai akibat proses penuaan yang dialami kucing.

Pada dasarnya pola tidur yang lama memang merupakan salah satu hal normal untuk kucing. Akan tetapi bila kucing kamu tidur secara terus-menerus dan melebihi waktu yang seharusnya, mungkin ini adalah tanda kucing sedang sakit. Apabila waktu tidur kucing ini diiringi dengan tanda-tanda kucing lemas dan tidak bergaiarah apalagi kucing tidak mau makan, mungkin ini saatnya kamu membawa si kucing ke dokter hewan terdekat di kota kamu.

- Anemia pada kucing
Kucing tidur terus-menerus juga dapat disebabkan oleh anemia yang sedang menyerang si kucing. Apabila ini yang terjadi segera periksa gusi sang kucing kamu. Kamu yang menemukan bahwa gusi si kucing lebih pucat dari biasanya harus segera waspada karena kemungkinan kucing terserang anemia. Segera bawa ke dokter langganan di kota terdekat kamu, karena jika penanganan terlambat bisa menyebabkan kematian.

Kamu yang sekarang tahu penyebab kucing tidur terus-menerus tidak perlu khawatir lagi! Kebiasaan tersebut tidak selalu merupakan tanda-tanda buruk bagi si kucing dan mungkin merupakan bagian dari pola hidup dan genetik yang dimilikinya. Nah semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan(share) artikel ini ke teman-teman pecinta lainya agar tau informasi penting ini.

Kata Kunci Pencarian:
  • kucing tidur
  • kucing hamil
  • kucing sakit
  • kucing terkena penyakit anemia
  • kucing predator
  • kucing peliharaan
  • kucing lucu
  • gambar kucing
  • penyebab kucing suka tidur
  • kucing tidur terus-menerus

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah Penyebab Kucing Tidur Terus-menerus