Inilah Ciri-Ciri dan Sifat Kucing Maine Coon ASLI!

Kucing Maine Coon adalah kucing yang unik. Kucing Maine Coon ini menjadi salah satu ras kucing tertua di dunia dimana berasal dari Maine, Amerika Serikat yang konon dipercaya sebagai nenek moyang ras kucing Anggora dan Norwegian Forest di tempatnya. Kucing ini mempunyai mata yang tajam, dengan moncong serta hidung dan mulut yang khas. Selain itu juga kucing ini punya ketrampilan berburu yang cerdas dan menjadi salah satu kucing yang terpopuler di dunia.

Apa hanya itu saja? Supaya kamu mengetahui lebih lanjut mengenai kucing Maine Coon ini kami akan memberikan informasi mengenai ciri-ciri kucing maine coon beserta dengan sifat kucing Maine Coon yang lucu ini.

Gambar Kucing Maine Coon yang Cantik dan Lucu
Kucing Maine Coon yang lucu dan cantik.

Ciri-ciri Kucing Maine Coon

1. Tubuh yang beradaptasi pada kucing maine coon
Kamu pasti sudah tahu bahwa di Amerika sana mempunyai 4 iklim yang bisa dibilang ekstrim. Nah dengan iklim tersebut, semua anggota tubuh kucing maine coon ini beradaptasi. Bulu yang mengkilap, tebal dan bahkan anti air! Bulu di bagian leher Maine Coon. Perut dan kaki yang tebal berfungsi untuk melindungi tubuh dari musim salju dengan suhu yang dingin. Ekor kucing ini juga panjang dan bulunya sangat tebal, pasti kucing ini akan merasa sangat hangat saat tidur dengan melingkarkan tubuhnya.

2. Tubuh yang besar dan panjang kucing maine coon
Gambar tubuh kucing Maine Coon Dewasa (Raksasa)
Bentuk tubuh kucing Maine Coon Dewasa (Raksasa)
Kucing Maine Coon cukup tinggi, berotot dan tulangnya besar juga. Kucing Maine Coon pejantan pada umumnya mempunyai berat badan kisaran 6 - 9 Kg dan panjang badan mencapai 1m, kemudian untuk betinanya biasanya lebih kecil dari pejantan dengan berat badan 4 - 6 Kg. Khususnya, dengan tambahan bulu musim dingin sekitar 7cm membuat kucing Maine Coon ini terlihat lebih besar dan panjang bahan pernah tercatat ada yang bisa mencapai panjang badan sekitar 121cm (dari ujung kepala sampai ekor).

Seperti ras kucing besar (raksasa) lainnya meskipun mempunyai tubuh yang bisa dibilang besar dan panjang, pertumbuhan dan perkembangan kucing Maine Coon lambat loh asal kalian tahu saja. Ini bisa dibuktikan dengan bentuk tubuh dewasa baru bisa dicapai pada umur 3 - 5 tahun umur kucing ras raksasa ini.

3. Bentuk kepala kucing maine coon yang unik
Ciri-ciri fisik utama yang dimiliki oleh kucing Maine Coon ini terdapat pada kepalanya, bentuk badan, tekstur bulu serta bulu di sekitar leher yang seperti singa.
Gambar Ciri Khas Kepala Kucing Maine Coon
Ciri khas kepala kucing Maine Coon seperti singa.
Bagian kepala kucing Maine Coon ini mempunyai telinga yang cukup besar lalu lancip pada bagian ujungnya dan diselimuti bulu lebat, kepalanya juga mempunyai ukuran yang sedang dan lebar, dahinya sedikit melengkung dengan tulang pipi yang menonjol. Mata kucing Maine Coon juga lebar dan sedikit oval, bisa terlihat bulat ketika matanya terbuka lebar. Hidungnya pun terlihat lebar da sedikit melengkung pada bagian ujung dengan dagu yang tajam menambah ciri-ciri yang hanya dimiliki kucing Maine Coon.

Nah pada bagian leher yang berukuran sedang dan sedikit melengkung namun kuat. Panjang kaki kucing Maine Coon yag sedang dengan tulang dan otot yang kuat.

4. Ekor kucing maine coon seperti kemoceng atau sulak
Bentuk Ekor Kucing Maine Coon Seperti Kemoceng atau sulak
Bentuk ekor kucing Maine Coon seperti sulak atau kemoceng
Ekor kucing Maine Coon yang memanjang dan lebar pada bagian pangkal kemudian semakin menipis ke ujung disertai dengan bulu yang lebat, ekornya juga ada yang mengatakan seperti kemoceng atau sulak (alat pembersih debu).

5. Warna-warna bulu kucing maine coon
Nahh dari sekian banyak keunikan kucing maine coon ini adalah mempunyai banyak variasi warna. Seperti yang sudah di kutip dalam wikipedia Indonesia, pola warna kucing Maine Coon: tabby klasik atau makarel (cokelat + abu-abu). merah (coklat kejinggaan + krem), solid (hitam/putih/merah/biru), tortoiseshell (hitam + biru), dan silver (perak-biru/perak-hitam/perak-krem/perak-merah).

Sifat-Sifat Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon adalah kucing yang ramah dan bersahabat dengan manusia, semakin sering kamu manja dengan membelai kucing ini maka hubungan yang kamu jalin dengan kucing Maine Coon semakin bagus dan ia akan lebih suka berada di sekitarmu.

Kucing Maine Coon ini mandiri, walaupun kucing Maine Coon dibesarkan di rumahmu akan tetapi ia akan cepat beradaptasi di alam liar bahkan kucing Maine Coon ini suka bermain air.

Kucing yang mempunyai ciri khas yang unik dibandingkan dengan kucing yang lain ini memang bagus, namun masih kurang populer dibandingkan dengan kucing jenis persia. Dengan sifat yang ramah dengan pemilik kucing, mandiri dan suka bermain air juga menjadi perhitungan sendiri untuk mempunyai kucing Maine Coon sebagai rekomendasi kucing peliharaan untukmu! Agar kamu tidak menyesal di kemudian hari.

Kata kunci pencarian:

  • kucing maine coon
  • ciri-ciri kucing maine coon
  • ciri-ciri anakan kucing maine coon
  • sifat kucing maine coon
  • jenis kucing maine coon
  • kucing ras tertua
  • kucing terpopuler di dunia
  • kucing raksasa

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah Ciri-Ciri dan Sifat Kucing Maine Coon ASLI!