6 Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Kucing Anggora dan kucing Persia merupakan jajaran kucing yang paling sering dipelihara di Indonesia, juga kerap dipelihara di seluruh dunia. Menurut orang yang kurang mengetahui tentang kucing, jika mereka ditanya "kalau kamu pengin melihara kucing, kira-kira kucing apa itu?" Pasti kebanyakan orang akan menjawab kucing Persia atau Kucing Anggora, diantara itu yang ingin di pelihara olehnya.
Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Kedua jenis kucing peliharaan ini sangat terkenal sekali karena memang banyak penggemar atau banyak yang menyukainya. Kucing tersebut memang sama-sama mempunyai bulu yang indah juga panjang dan sifatnya yang sangat lucu sehingga orang-orang mudah tertarik kepadanya. Bagi pecinta kucing mungkin akan lebih mudah untuk mengetahui perbedaan kucing Anggora dan Persia, akan tetapi bagaimana dengan orang awam yang belum mengetahui lebih banyak tentang kedua ras kucing peliharaan tersebut?
Berikut adalah beberapa perbedaan yang bisa dilihat antara kucing Persia dan Angora

Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Gambar Perbedaan Kucing Anggora dan Persia
Gambar Perbedaan Kucing Anggora dan Kucing Persia

Agar kamu dapat mengetahui kucing apakah yang akan adopsi atau sudahakah kamu memiliki ras kucing Anggora atau Persia, ManiaKucing akan memberikan informasi mengenai 6 perbedaan kucing Anggora dengan kucing Persia mulai dari bentuk tubuh atau fisiknya hingga sifat si kucing yang lucu :

1. Daerah Asal Kucing
Daerah Asal Kucing Anggora dan Kucing Persia
Kiri : daerah asal kucing Anggora.   Kanan : daerah asal kucing Persia
Kucing Anggora - kucing ras ini merupakan salah satu ras tertua dari kucing, berasal dari daerah Ankara (Angora) di Turki yang konon sudah dikenal sejak tahun 1600an.

Kucing Persia - kucing ras berbulu panjang ini berasal dari daerah Persia (sekarang Iran) yang pertama kalinya dibawa atau diperkenalkan ke negara Italia sekitar pada tahun 1620an dan akhirnya bisa sangat terkenal hingga ke Indonesia.


2. Bentuk Wajah Kucing
Perbedaan Bentuk Wajah Kucing Anggora dan Persia
Perbedaan Bentuk Wajah Kucing Anggora dan Persia

Kucing Persia - kucing ras persia ini memiliki bentuk wajah yang cukup bulat, dengan hidung yang kebanyakan berhidung pesek (untuk Persia Peaknose) atau tidak terlalu mancung (untuk Persia Medium), kemudian jika kamu melihat atau memperhatikan bagian samping dari kucing ras persia ini di bagian dahi, hidung, dan dagu terlihat datar. Mata dari kucing ras persia juga bervariasi dibanding si kucing Anggora.

Kucing Angora - juga dikenal sebagai Angora Turki, yang memiliki bentuk wajah seperti kucing lokal atau kucing kampung, bentuknya sedikit seperti segitiga dengan hidung yang sedikit mancung. Kemudian di bagian telinganya cenderung runcing dan panjang serta ada bulu-bulu kecil halus di ujungnya.

3. Bentuk Tubuh Kucing
Gambar perbedaan fisik kucing anggora dan persia
Gambar perbedaan fisik atau bentuk tubuh kucing anggora dan persia medium
Kucing Anggora - kucing ras anggora memiliki ukuran tubuh dari kucing Anggora ini bisa dibilang ideal, kucing anggora terlihat langsing kemudian ototnya tidak terlihat (menonjol). Kucing Anggora juga memiliki bentuk tubuh yang terlihat lebih tinggi.

Kucing Persia - kucing ras persia ini terlihat lebih gemuk bulat dibandingkan dengan kucing jenis anggora. Bentuk tubuhnya juga tidak setinggi kucing Anggora, karena bisa dilihat dari sisi kakinya yang pendek namun kokoh serta besar(terlihat gemuk) dengan cakar yang membulat.

4. Bulu Kucing
Gambar perbedaan bulu kucing anggora dan persia
Gambar perbedaan bulu kucing anggora dan persia
Semua jenis kucing, kecuali jenis kucing Sphinkx pada umumnya memiliki bulu-bulu lebat yang menyelimuti hampir semua bagian tubuhnya. Kemudian dari bulu ini kita uga bisa mudah membedakan jenis kucing tertentu.

Kucing Anggora - kucing ras anggora pada umumnya mempunyai bulu yang tebal tapi tidak setebal kucing ras persia, namun pada ekor kucing Anggora bulunya paling panjang dan tebal bahkan biasa dibilang sebagai ekor musang karena kemiripannya. Pada bagian wajah kucing, bulu yang dimiliki kucing Anggora tidak tebal maupun panjang sehingga lebih terlihat sedikit lebih lebat dibandingkan dengan kucing lokal lainnya.

Kucing Persia - kucing jenis anggora lebih dikenal sebagai kucing yang memiliki bulu yang tebal, dari bulu di wajahnya saja sudah tebal. Dari leher bulunya hingga ekor juga ditutupi bulu yang sangat tebal khususnya kucing Persia yang berdarah murni.

5. Kepribadian Kucing
Gambar perbedaan kepribadian kucing anggora dan persia
Gambar perbedaan kepribadian kucing anggora dan persia
Kucing Anggora - kucing jenis anggora, ras kucing ini umumnya lebih aktif(sleketan), senang bermain(pecicilan), energik dan lulut atau penurut. Kucing ras Anggora cukup pintar, suka berinteraksi dengan manusia apalagi dengan pemilik kucingnya, kucing anggora mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi, kucing ini juga mudah dilatih, beradaptasi serta ramah dengan manusia maupun hewan lain tetapi jangan ditakuti dengan timun.

Kucing Persia - kucing jenis ini mempunyai sifat yang berbeda dengan kucing anggora, ia lebih banyak diam(kalem), lembut, penurut, kadang sedikit malas dan yang pastinya manja.

6. Aktivitas Kucing
Gambar perbedaan kucing anggora dan persia medium dalam Aktivitasnya
Gambar perbedaan kucing anggora dan persia dalam aktivitasnya
Kucing Anggora - kucing jenis anggora senang ngisis(santai) seperti duduk di lantai atau di sekitar pemilik kucingnya loh, kucing anggora juga lebih waspada dengan lingkungan sekitar dan suka pergi mencari tempat yang tinggi di daerah sekitarnya atau dirumah kamu untuk dinaiki, ia juga sangat suka bermain dan berlari-lari dengan temanya ataupun dengan pemilik kucing. Cara berjalan kucing anggora ini juga sangat luwes, terlihat sangat menggemaskan apabila kita memperhatikannya sedang berjalan-jalan kesana-kemari.

Kucing Persia - kucing jenis persia dilihat dari sifatnya sedikit pemalas dan bisa dibuktikan dari saat kucing persia beraktivitas yang tidak seenergik kucing Anggora. kucing persia cenderung lebih suka diam di tempat ataupun istirahat. Cara berjalanya pun juga lambat dan terlihat manja, eitsss tunggu dulu tidak selalu kucing persia seperti itu, ada kalanya dia hyper active, karena kucing ingin bermain dengan sekitar atau saat dia merasakan sedang bosan maka kucing persia tersebut sangat energik.

Pilih kucing Anggora atau Persia?

Tentukan pilihanmu sekarang! hehe. Lebih baik memilihara kucing anggora atau persia? Yuk mari perhatikan terlebih dahulu seperti apa yang kamu inginkan? Jika kamu menginginkan kucing aktif dan suka bermain denganmu, maka kucing anggora merupakan pilihan yang tepat. Kemudian jika kamu menginginkan kucing yang lucu dan imut serta tidak terlalu suka mengganggumu sebagai pemilik kucing, maka kucing persia yang cantik ini menjadi pilihan yang tepat.  Ingat tidak semua kucing seperti yang kamu inginkan, akan tetapi jika pecinta kucing memelihara kucing tersebut dari kecil dan melatih agar sesuai keinginan kamu, maka kamu tidak akan menyesal!

Bagaimana, apakah kamu sudah paham mengenai perbedaan kucing Persia dan Anggora? Informasi beda antara antara kucing jenis anggora dan persia ini mengkutip dari beberapa situs terpercaya seperti wikipedia dan lainya. Semoga artikel 6 perbedaan kucing anggora dan persia ini dapat membantumu untuk mengenal lebih baik tentang kucing anggora maupun kucing persia idamanmu.

Kata kunci pencarian:

  • kucing anggora
  • perbedaan kucing persia dan anggora
  • perbedaan kucing anggora dan persia
  • perbedaan kucing anggora dan persia medium
  • perbedaan anggora dan persia
  • sifat-sifat kucing
  • jenis kucing
  • ras kucing
  • gambar kucing
  • kucing persia
  • kucing anggora

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 6 Perbedaan Kucing Anggora dan Persia